Minggu, 06 Mei 2012

motivasi

MOTIVASI
Motivasi sangatlah berpengaruh terhadap keberlangsungan akan kehidupan, baik dalam Kehidupan sehari-hari maupun dalam iklim organisasi.
Motivasi merupakan suatau keadaan atau kondisi yang mendorong, merangsang atau menggerakan seseorang untuk melakukan sesuatu atau kegiatan yang dilakukannya sehingga ia dapat mencapai tujuannya. motif merupakan suatu driving force yang menggerakan manusia untuk bertingkah laku. Dan di dalam perbuatan nya itu mempunyai tujuan tertentu.

Istilah motivasi berasal dari bahasa latin yaitu movere, yang berarti “menggerakkan” Motivasi juga seringkali di artikan dengan istilah dorongan. Dorongan tenaga tersebut merupakan gerak jiwa dan jasmani untuk berbuat.


Ada banyak perumusan mengenai motivasi, menurut Mitchell winardi, motivasi mewakili proses-proses psikologika, yang menyebabkan timbulnya, diarahkannya dan terjadinya persistensi kegiatan-kegiatan suka rela yang diarahkan ketujuan tertentu . Setiap pimpinan perlu memahami proses-proses psikologikal apabila berkeinginan untuk membina karyawan secara berhasil dalam upaya pencapaian sasaran-sasaran keorganisasian.

Motivasi juga didefinisikan sebagai dorongan dari dalam diri individu
berdasarkan mana dari berperilaku dengan cara tertentu untuk memenuhi keinginan dan kebutuhanya. Adapun pemotivasian dapat diartikan sebagai pemberian motif-motif sebagai pendorong agar orang bertindak, berusaha untuk mencapai tujuan organisasional .

Motivasi dalam organisasi bertujuan untuk mendorong semangat para anggota organisasi, meningkatkan produktivitas, kedisiplinan, dan menciptakan kesejahteraan organisasi agar tercapai tujuan organisasi dengan baik.

Menurut McDonald, motivasi sebagai perubahan tenaga di dalam diri seseorang yang di tandai oleh dorongan efektif dan reaksi reaksi mencapai tujuan. Motivasi merupakan masalah komplek dalam oraganisasi. Karena kebutuhan dan keinginan setiap anggota berbeda dengan satu dengan yang lainnya. Hal ini berbeda karena setiap anggota suatu orgganisasi adalah unik secara biologis maupun psikologis, dan berkembang atas dasar proses belajar yang berbeda pula.

Motivasi Berorganisasi dan Berprestasi . Ada banyak pelajaran hidup yang perlu kita ambil dari organisasi untuk menumbuhkan motivasi. Salah satu cara menyerap pelajaran-pelajaran hidup itu adalah dengan berorganisasi. Organisasi dan Prestasi Motivasi adalah keinginan atau kebutuhan dalam diri seseorang yang menggerakkannya untuk melakukan sesuatu untuk memenuhi keinginan tersebut. Motivasi bisa timbul dari internal individu dan eksternal individu. Organisasi adalah suatu kelompok orang yang terdiri dari dua orang atau lebih yang bergabung dalam suatu usaha mencapai tujuan bersama. Prestasi adalah hasil dari usaha yang telah dilakukan.

Jadi Motivasi berprestasi dan berorganisasi adalah keadaan yang mendorong dan mengarahkan untuk mencapai keseimbangan antara prestasi belajar dan berorganisasi sehingga hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Sukses dalam organisasi dan prestasi Mahasiswa yang ideal adalah mahasiswa yang tidak hanya mempunyai prestasi belajar yang baik tetapi juga mempunyai jiwa organisasi yang baik atau (sukses organisasi dan sukses prestasi).untuk menjadi mahasiswa yang ideal tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :

1. Buatlah Skala Prioritas. Terkadang motivasi dapat hilang karena terlalu banyak hal yang harus dilakukan. Penulis biasanya menggunakan prinsip SOL (Study, organisasi, and lain-lain), dimana kita harus lebih mendahulukan studi dibandingkan organisasi dan lain-lain, tetapi itu bukan berarti kita meninggalkan organisasi dan lain-lain.

2. Manajemen Waktu Perkirakan waktu . Buat skala prioritas dari tiap kegiatan dikerjakan Alokasikan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tiap kegiatan. Belajar dengan Menghilangkan kebiasaan menunda untuk tiap kegiatan.

Harapan yang didapatkan dari organisasi

1. Mampu mendewasakan diri

2. Melatih keluwesan kita dalam bergaul dan            bekerjasama dalam tim 
3. Menantang kita untuk dapat membagi waktu
4. Dapat berkenalan dengan banyak orang
5. Menjadi pengalaman yang menarik bagi kita

Agar suatu organisasi dapat bertahan terhadap lingkungan yang selalu berubah, maka organisasi tersebut harus selalu berusaha untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitasnya.

Dari aspek manajemen, upaya untuk meningkatkan keberhasilan organisasi dalam menjawab perubahan lingkungan tersebut diantaranya dengan melakukan pengembangan organisasi.
Pengembangan organisasi diperlukan karena organisasi harus menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan di berbagai aspek kehidupan seperti teknologi, politik, ekonomi, dan budaya yang kompleks dan penuh ketidakpastian.

Pengembangan organisasi dapat membantu suatu organisasi untuk menciptakan tanggapan-tanggapan positif terhadap perubahan-perubahan dengan cara melakukan perubahan-perubahan dalam organisasi. Perubahan tersebut perlu direncanakan, diarahkan dan dilaksanakan oleh orang-orang yang ada dalam organisasi tersebut atau dengan cara memproleh bantuan dari para ahli.



*$” Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat berharga. Memiliki waktu menjadikan kita kaya, tetepi menggunakan dengan baik adalah sumber dari kekayaan”$*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar